Trademark Indonesia: Membuat Paten Yang Berkualitas

Merek dagang dapat membedakan sumber barang Anda dari sumber lain dengan menggunakan nama, kata, perangkat, atau simbol sebagai indikator atau tanda pembeda. Kadang-kadang disebut tanda layanan jika digunakan untuk mengidentifikasi layanan daripada produk, tanda tersebut menunjukkan bahwa layanan tertentu berasal dari sumber unik.

Merek dagang dapat ditetapkan Trademark Indonesia melalui penggunaan salah satu dari sejumlah simbol:

adalah simbol merek dagang terdaftar.
adalah simbol untuk merek dagang yang tidak terdaftar. Ini adalah tanda yang mungkin digunakan perusahaan untuk memberi merek atau mempromosikan barang mereka.
adalah merek layanan tidak terdaftar. Ini digunakan untuk memberi merek atau untuk mempromosikan layanan.
Satu-satunya waktu Anda diizinkan untuk menggunakan simbol ® adalah setelah USPTO telah mendaftarkan merek tersebut. Ini tidak dapat digunakan saat aplikasi Anda masih dalam proses.

Namun, jika Anda telah mengklaim hak atas suatu merek, Anda dapat menggunakan simbol dan / atau “untuk mengingatkan orang lain bahwa Anda telah mengklaim merek tersebut – baik Anda telah mengajukan permohonan merek dagang ke USPTO atau tidak.

Proses hukum untuk pelanggaran merek dagang dapat dilakukan oleh pemilik merek dagang terdaftar untuk mencegah orang lain menggunakan merek dagang mereka secara tidak sah.

Merek dagang yang tidak terdaftar juga dapat dilindungi dengan mengajukan gugatan, tetapi perlindungan hanya akan berlaku untuk wilayah geografis tertentu di mana merek tersebut telah digunakan atau di area atau area yang secara wajar dapat diharapkan akan digunakan di masa depan yang bisa diramalkan.

Secara informal, merek dagang juga digunakan sebagai referensi ke atribut pembeda yang mudah diidentifikasi oleh seseorang. Ini akan menjadi kasus terutama dengan selebriti terkenal.

Hak merek dagang dapat digunakan untuk menghentikan orang lain menggunakan merek yang tampak sangat mirip. Namun hak merek dagang tidak dapat menghentikan orang lain untuk membuat atau menjual layanan atau barang yang sama di bawah merek layanan atau merek dagang yang jelas berbeda.

Jika suatu entitas membayangkan menggunakan merek dagang di perdagangan antarnegara bagian atau luar negeri maka itu dapat didaftarkan di USPTO (Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat) untuk dilindungi secara nasional.

 

 

Leave a Comment